Aktivasi Jenius BTPN di Palembang

Dalam artikel ini saya akan cerita pengalaman saya dalam mendaftar dan aktivasi jenius btpn di bank BTPN cabang Palembang.

Ceritanya bermula dari kesusahan saya jika akan membeli barang di situs jual beli online luar negeri. Mereka selalu meminta kartu kredit atau minimal paypal. Kadang paypal pun jarang diterima.

Akhirnya browsing adakah cara belanja tanpa menggunakan kartu kredit tapi menggunakan kartu Debit Visa yang bisa digunakan untuk menggantikan kartu kredit. Dan dapatlah info ada kartu debit visa yang bisa digunakan untuk belanja online yang lebih simpel dari kartu kredit yaitu Jenius dari Bank BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Nasional).

Kelebihan Debit Visa ini adalah kita yang memegang kendali, karena pengeluaran kita akan langsung dipotong dari rekening bank kita.

Berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan hingga memiliki kartu Jenius dari bank BTPN.

Download Aplikasi Jenius dan Daftar

Hal pertama yang saya lakukan adalah langsung download aplikasi tabungan android Jenius untuk android dan mengikuti semua instruksi yang ada hingga selesai. The end…masalah muncul, sebab ternyata untuk mengaktifkan Jenius ini paling mudah adalah bagi mereka yang berada di lokasi jabodetabek, sedangkan saya ada di wilayah Banyuasin, Sumatera Selatan.

Browsing sana-sini mencari info cara mengaktifkan jenius di Palembang ternyata gak dapat. Dan mangkrak lah itu aplikasi di hape gak bisa digunakan. Selang 1 bulan, ketika kebutuhan untuk membeli VPS dll mendesak sekali, akhirnya kepikiran lagi tentang jenius BTPN ini. Kenapa nggak mencoba datang langsung ke bank BTPN palembang, dan menanyakan bisa gak mengaktifkan jenius?.

Aktivasi Jenius di Bank BTPN Palembang

Bank BTPN di Palembang

Modal nekat akhirnya saya ke bank BTPN KC Palembang yang berada di Jalan Jend. Sudirman No. 16, 20 Ilir D. IV dekat dengan Polda Palembang dan Fly Over.

Hari itu pas jum’at tanggal 22 Juni 2018, saya nunggu dari jam 10 pagi sampai akhirnya bank mau istirahat siang karena mau Jum’atan. Si mbak customer service bilang dilanjut habis jum’at. Waduh… 2 jam nunggu gak kesampaian, akhirnya saya minta tolong ke si mbaknya “mbak bentar aja ini mau aktifkan jenius bisa gak?” Eh dijawab sama si mbak “oh kirain mau ambil uang” iya bisa, sebentar kalo ini mah, gak apa-apa. Isi blanko ini ya…”. Setelah itu dia memberikan beberapa lembar kertas untuk di isi.

Alhamdulillah…. gumam saya dalam hati, ternyata bisa mengaktifkan jenius di Palembang. Langsung saya isi dengan cepat lembaran-lembaran yang ada sebab saya juga mau cepat-cepat jum’atan.

Tak sampai 10 menit, selesai saya mengisi lembaran yang ada, si mbak meminta KTP dan NPWP untuk di photocopy olehnya. Selesai… beres, si mbak kemudian memberitahu bahwa in shaa Allah jenius saya aktif dalam 2×24 jam (2 hari kerja). Ditunggu saja informasinya via email. Sedangkan untuk kartu debitnya kemungkinan 1 hingga 2 pekan.

Eh… sore email masuk memberitahu si Jenius sudah aktif, wah gak perlu nunggu 2 hari kerja ternyata. Alhamdulillah… tapi itu yang aktif hanya Jenius dan kartu debit virtual. Yang kartu debit asli dan kartunya belum, jadi masih belum bisa dipakai transaksi belanja online. Hanya bisa dipakai untuk transfer dan menerima uang saja.

Kartu Debit Jenius BTPN Datang

1 pekan setelah proses aktivasi, saya ditelpon oleh cs dari Jakarta menanyakan tentang kebenaran biodata di aplikasi jenius dan lainnya. Dan dia menginformasikan bahwa kartu akan dikirim siang hari ini, dan saya diminta untuk menunggu saja sekitar 2 hari ke depan.

3 hari berlalu, ternyata kartu belum datang. Pasrah saja barangkali memang lama prosesnya. Dan setelah 10 harian tepatnya 3 Juli 2018, akhirnya kartu debit Jenius datang via pengiriman si Cepat.

Kesimpulan

Bisakah mengaktifkan Jenius btpn di wilayah Palembang? Jawabannya BISA, yaitu:

  1. Download aplikasi jenius baik Android maupun iOS.
  2. Daftar dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi jenius.Dibutuhkan KTP dan photo selfie kita.
  3. Datang langsung ke Bank BTPN yang ada di Palembang untuk aktivasinya. Siapkan KTP dan NPWP. Bagi yang belum punya NPWP silahkan dibuat dulu. Soalnya waktu itu saya tanya ke mbak CS jenius sekarang NPWP menjadi syarat untuk mengaktifkan Jenius BTPN walau di web dan aplikasi disebutkan hanya butuh KTP saja.

Beberapa Pertanyaan Seputar Kartu Jenius

  • Apakah bisa mendaftar menggunakan KTP Manual?

Untuk sekarang, KTP manual sudah tidak berlaku. Artinya tidak bisa menggunakan KTP manual untuk daftar Jenius.

  • Apakah kartu Jenius sudah ada saldonya ketika kita selesai mendaftar?

Belum ada. Jadi kita diharuskan mengisi saldo sebelum menggunakannya.


Itulah tadi cara aktivasi jenius btpn untuk wilayah Palembang dan sekitarnya. Semoga postingan ini bermanfaat.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.